TUGAS 2 - pengantar web science

by - April 07, 2020


Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan dalam komputer. termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.
Web terbagi menjadi beberapa jenis web, diantaranya yaitu web multimedia dan web hosting.
·         
  •     Multimedia Berbasis Web

Multimedia tersebut merupakan gabungan antara bermacam media seperti teks, gambar, audio, dan tanggapan yang digunakan untuk memberikan suatu pesan atau informasi yang ada dari si pengirim di berikan kepada si penerima sebuah informasi tersebut yang mengandung lebih dari satu jenis media. Biasanya suara, video, atau animasi disamping text dan gambar.
Situs multimedia sering mengandung unsur-unsur yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Mengontrol pengiriman suara atau video clip, memanipulasi objek 3D, bermain game. Komputer dan koneksi internet cepat broadband membuat multimedia berbasis web jauh lebih layak daripada dimasa lalu dan berikut adalah contohnya :
·         ZALORA
Website : www.zalora.co.id
1.      Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi.
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Salah satu e-commerce yang ada yaitu ZALORA. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. ZALORA adalah toko online fashion dan kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei.
ZALORA Indonesia didirikan pada tahun 2012. Saat ini, ZALORA Indonesia merupakan retail online fashion dengan perkembangan paling pesat di Asia. Dengan pilihan lebih dari 500 brand lokal dan internasional, ZALORA membawa fashion ke dalam dimensi yang lebih baik dari sebelumnya.
2. Tujuan
ZALORA menawarkan pakaian wanitapakaian priasepatuaksesorisperlengkapan olahragabusana muslim, dan banyak lagi. Hal inilah yang membuat ZALORA menjadi tujuan utama fashion online di Indonesia. atau Instagram untuk informasi terbaru seputar fashion dan tren terkini.
3. Fungsi
·         Sarana penyedia fashion yang diimbangi dengan teknologi terkini yang akan memberikan Anda pengalaman berbelanja online yang tak tertandingin.
·         Sarana periklanan suatu brand fashion.
·         TWITTER
Website : www.twitter.com
1.      Latar Belakang
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
2. Tujuan
Sebagai wadah media sosial yang menyuguhkan fitur – fitur didalamnya.
3. Fungsi
Untuk bersosialisasi dengan orang yang sudah kita kenal maupun yang belum kita kenal. Sebagai sarana media komunikasi dengan berbagai orang di seluruh dunia.Twitter dapat juga mengakses dan mendapatkan berita atau informasi ter-update.
  •        Web hosting

Web hosting adalah layanan online untuk mengonlinekan website atau aplikasi web di internet. Ketika Anda membeli dan mendaftar di suatu layanan hosting, pada dasarnya Anda sedang meminjam space di server, tempat menyimpan semua file dan data yang dibutuhkan oleh website agar dapat bekeja sepenuhnya. Contoh dari web hosting yaitu sebagai berikut :


Penasihat Hosting

Mereka membuat custom dashboard mereka sendiri yang berbeda dengan yang lainnya, blog mereka juga rutin di update dan konten nya pun berkualitas.
Mereka juga sudah menerapkan sistem conversation sehingga semua support dapat dilayani 100% via live chat. Itu artinya tidak ada sistem ticketing dimana umumnya klien perlu menunggu lebih lama.
Jadi, bagaimana performance Niagahoster?
Pertama, load time mereka adalah yang tercepat (0,728 detik), dan rata-rata uptime nya meskipun masih buruk (99,88%), tetapi sebenarnya secara keseluruhan bagus, hanya pada bulan Oktober 2019 saja mereka melakukan maintenance hingga 6 jam yang membuat rata-rata nya jatuh.
Selain itu, dalam test load impact update Maret 2020, Niagahoster mencatatkan hasil yang paling baik. Tidak ada error terjadi dan waktu response times nya pun paling rendah ke #2 dari 18 (lebih rendah lebih baik).

Fungsi :
·         Layanan support yang baik karena telah menerapkan sistem conversation dimana Anda tidak perlu lagi mengirimkan tiket bantuan untuk pertanyaan teknis dan non-teknis (8/10).
·         Garansi 30 hari tanpa syarat

·         Tampilan dashboard yang ramah dengan fitur yang banyak
·        Pilihan paket hosting yang fleksibel
Memiliki panduan atau pengetahuan dasar yang lengkap 


·         Jetorbit: Shared Hosting Lokal dengan Performance yang Paling Stabil


Meskipun masih partisipan baru, saya terkesan dengan hasil performance nya yang diluar ekspektasi saya. Dalam performance test, selama 8 bulan ini, Jetorbit mencatatkan hasil yang baik (rata-rata uptime yang stabil - 99,94% dan load time yang cepat - 0,783 detik).
Bahkan response times nya yang paling rendah ke #1 dari 18 dalam test load impact.
Selain itu, harga hosting Jetorbit juga termasuk murah. Dengan paket Merkurius (paket yang saya rekomendasikan untuk starter), Anda hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 15.750/bulan.
Fungsi :
·         Berhasil di tes load Impact dengan 25 virtual user
·     Gratis domain (berlaku setiap perpanjangan) jika berlangganan minimal paket Bisnis Venus dengan durasi tahunan dan gratis migrasi hosting.



You May Also Like

0 komentar