RISKESDAS

by - Maret 31, 2020

RISKESDAS


1. Pengertian Riskesdas
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) adalah salah satu riset skala nasional yang berbasis komunitas dan telah dilaksanakan secara berkala oleh Badan Litbangkes Kemenkes RI, yaitu di tahun 2007, 2010 dan 2013.

2. Manfaat Riskesdas

Riskesdas telah banyak dimanfaatkan untuk tujuan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi program pembangunan kesehatan baik ditingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota.
a) Menilai status kesehatan masyarakat dan determinan yang mempengaruhinya;
b) Menilai perubahan indikator status kesehatan masyarakat dan determinan yang mempengaruhinya; serta
c) Menilai perubahan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) hasil pembangunan kesehatan di Kabupaten/Kota.

Riskesdas 2013
Di tahun 2013 ini, kita akan melaksanakan lagi Riskesdas skala besar yang memotret masalah dan program kesehatan di tingkat nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengetahui derajat kesehata, kinerja program kesehatan. Riskesdas 2013 adalah pelaksanaan yang ketiga kalinya.
Riskesdas 2018
Menilai perubahan indikator terkait derajat kesehatan tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/ Kota. Menilai perubahan indikator determinan derajat kesehatan (Yankes, Lingkungan, Perilaku) tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/ Kota. Menilai perubahan Indeks (IPKM) hasil pembangunan kesehatan tingkat kabupaten/kota. Kesehatan berbasis komunitas berskala nasional ini dilaksanakan secara terintegrasi dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik

Peran TI di Riskesdas

Sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis.

Untuk mencari informasi tentang seseorang pasien, pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan terminal yang disediakan untuk keperluan itu. Dengan mengetikkan sepenggal nama, system informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang memenuhi criteria pencarian.

5. ALUR RISKESDAS 2018
Dengan sistem Informasi kesehatan yang baik maka akan membuat masyarakat tidak buta dengan semua permasalahan kesehatan. Dan mau membawa keluarga nya berobat dengan mudah bukan lagi dengan birokrasi yang rumit yang membuat masyarakat enggan membawa anggota keluarganya berobat di pelayanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Dengan maraknya perkembangan media dan teknologi seharusnya membuat masyarakat dan khususnya pada mahasiswa kesehatan masyarakat melek akan kemajuan berinovasi terhadap sistem informasi kesehatan Indonesia.
Berlandaskan dengan fakta yang terjadi di masyarakat pada saat ini seharus nya bisa dijadiakan bahan evaluasi dan pertimbangan untuk dapat membentuk sistem informasi kesehatan yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat,  dengan banyaknya referensi yang ada pada saat Ini sehingga bisa dijadikan rumusa yang tepat dan membuat sistem informasi kesehatan yang tepat guna.

You May Also Like

0 komentar