by - Desember 14, 2018


  PAPER
ILMU SOSIAL DASAR

MAHASISWA DAN MASYARAKAT
Revisi

Hasil gambar untuk logo gunadarma

1IA23

DOSEN PEMBIMBING
Ely Saptop Utomo, SE, MM

DISUSUN OLEH
Nolis Lisnawati Claudia

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
2018


Apa yang kalian ketahui tentang mahasiswa?

           Mahasiswa adalah sebuah aset utama dari sebuah bangsa yang tidak dipisahkan dalam hal apapun. Mahasiswa merupakan generasi terdidik, diharapkan mempu membuat banyak perubahan yang jauh lebih baik bagi masyarakat luas. Sebagaimana yang diketahui yaitu mahasiswa adalah agent of change. Sehingga perubahan itu dapat benar-benar terjadi, dan mampu dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat. Mahasiswa saat ini diyakini sebagai agen dari perubahan itu sendiri di masyarakat. Dengan peran tersebut diharapkan mahasiswa benar-benar bisa membawa perubahan ke arah yang positif pada wilayahnya. Banyaknya pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa membuat banyak harapan pada masyarakat, bahwa mahasiswa bisa memberikan banyak informasi yang bermanfaat dan melakukan gerakan reformasi di wilayahnya yang akan sangat berarti untuk masyarakat disekitarnya. 
           
            Mahasiswa juga harus memiliki value atau nilai lebih daripada seseorang yang masih menyandang gelar siswa dan harus mampu memberikan sumbangsih nyata baik itu bagi dirinya, lingkunganya, maupun masyarakat di lingkungan sekitarnya dimana pun ia berada. Dalam hal ini pun mahasiswa diharapkan unutk lebih mampu bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan, serta dapat hidup mandri dan memiliki integritas yang lebih tinggi. Mahasiswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau cerminan bagi kondisi masa depan bangsa. Apabila mahasiswa itu baik, memiliki wawasan luas, berpengetahuan tinggi, serta bermoral kuat dan mulia, maka kemajuan untuk masa depan itu pun akan dipastikan juga adanya.

              Sebab masyarakat telah berparadigma bahwa mahasiswa adalah cerminan masyarakat di masa depan yang memiliki nilai kependidikan yang lebih dan berpengetahuan luas. Sehingga apabila mahasiswa dan masyarakat bisa saling bertoleransi dan saling bekerja sama, maka  akan terbentuk kehidupan masyarakat yang lebih terjamin mutu pengetahuannya dan dapat bersama-sama tumbuh dan berkembang dalam harmoni. Tetapi masyarakat juga tidak boleh apatis atau masa bodoh dan enggan bertanya terhadap segala hal yang mungkin dianggap tidak perlu tapi pada kenyataanya sangat perlu apalagi dalam memajukan bangsa ini.

               Mahasiswa juga diharapkan bisa menjadi contoh yang baik atau bisa dijadikan teladan untuk lingkungannya. Organisasi untuk mahasiswa juga dianggap sangat diperlukan, karena dengan adanya organisasi tersebut akan sangat membantu mahasiswa untuk dapat lebih berperan dalam masyarakat dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan untuk masyarakat. Dengan peran mahasiswa yang berpengaruh, mahasiswa cenderung berkomitmen untuk aktif membangun masyarakat. Hubungan antara mahasiswa dan masyarakat sebenarnya adalah hubungan yang saling membutuhkan satu sama lainnya dan diharapkan juga agar hubungan itu dapat terus berkembang.

          Mahasiswa juga termasuk seorang yang memiliki pengaruh yang kuat dimasyarakat, seperti mahasiswa dapat membuat pergerakan dimasyarakat, mahasiswa juga memiliki legitimasi sebagai representasi untuk melakukan suatu kegiatan dimasyarakat. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk mengaplikasikan hal-hal yang telah diperoleh di perguruan tinggi. Mahasiswa juga harus dapat berinteraksi dengan baik pada masyarakat serta mampu menaungi masyarakat dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sebagai insan pembelajar dan bagian dari masyarakat , maka mahasiswa memiliki peran vital dan menyeluruh.

            Setelah mengenal mahasiswa melalui penjelasan diatas, kita bisa mulai untuk masuk pada bahasan mengenai peran mahasiswa di masyarakat. Terdapat banyak peran juga yang dimiliki oleh mahasiswa dimasyarakat. Ada peran mahsiswa sebangai agent of change, mahasiswa dapat melakukan tindakan yang bisa dilakukkan secara nyata untuk bisa membuat perubahan yang baik itu dimasyarakat. Kedua ada peran mahasiswa sebagai moral face, yaitu mahasiswa yang diminta untuk memiliki segala perilaku baik agar bisa dijadikan sebagai pedoman untuk masyarakat.

            Lalu ada peran mahasiswa sebagai iron stock, yaitu mahasiswa yang tangguh yang memiliki kekuatan yang besar untuk menggantikan generasi-generasi sebelumnya karena mahasiswa adalah aset yang sangat penting dalam melakukan segala pergerakan dan perubahan ini. Keempat ada peran mahasiswa sebagai social control, yaitu mahasiswa yang dapat melakukan kontrol untuk melihat segala hal yang terjadi dimasyarakat. Mahasiswa juga yang akan terus mengotrol segala perilaku yang bertentangan dengan yang terdapat pada undang-undang agar tidak merugikan masyarakat.

            Kelima ada peran mahasiswa sebagai direct of change, yaitu mahasiswa yang diharapkan mampu sebagai penggerak perubahan tersebut dimasyarakat agar manfaat tersebut bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Keenam peran mahasiswa sebagai guardian of value, yaitu mahsiswa yang dianggap sebagai seorang yang dapat menjaga nilai-nilai moral yang ada dimasyarakat. Demikian begitulah arti mahasiswa dan perannya dalam masyarakat.

Dengan begitu kesimpulan berdasarkan pandangan saya maka yang dapat diambil dari semua penjelasan diatas yaitu sebagai mahasiswa kita memang memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan perubahan pada bangsa ini maka dari itu sudah seharusnya kita dapat melaksanakan segala peran-peran yang sudah disebutkan diatas, agar segala manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Dengan berbagai macam ide atau gagasan yang bijak dalam menawarkan solusi atas segala persoalan-persoalan yang ada dimasyarakat. Mahasiswa juga dikenal sebagai generasi penerus bangsa ini, yang berarti kita harus bisa membuat bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik untuk kedepannya dengan segala perubahan yang dapat kita lakukan.

You May Also Like

0 komentar